Beautiful.co.id
News Uncategorized

Demo 22 Mei 2019, Flashback 21 Mei 1998

 

Demo yang terjadi di Jakarta tanggal 22 Mei 2019, menyebabkan kericuhan hingga memakan korban jiwa. Massa kalap membara sampah, ban, melempar botol minuman, menyalakan petasan dan Molotov. Aparat keamanan yang berusaha untuk mengamankan, tampah kewalahan dengan serangan massa yang terus saja menjadi-jadi, meski diberi tembakan peringatan dan gas air mata.
Sampai pukul 19.00, Jakarta masih mengalami kericuhan. Meski masih sedikit terlihat lebih kondusif dan sedikit reda ketika datangnya beberapa pejabat negara yang juga turun ke lokasi demo. Tetapi stelahnya, demo masih terus berlangsung dan ricuh.

Kericuhan yang terjadi di Jakarta, depan gedung Bawaslu, seakan membuka gerbang masa lalu, 21 tahun yang lalu saat pemerintah Orde Baru yang dipimpin Presiden Soeharto, tanggal 21 Mei 1998. Kericuhan di Jakarta menyebabkan banyak korban berjatuhan. Terutama dari kalangan aktivis demo dan mahasiswa. Massa saling kejar dengan aparat pemerintahan.

Bahkan saat itu, yang pada mulanya aparat tidak diperbolehkan untuk melukai massa, justru melakukan penembakan pada beberapa mahasiswa Trisakti hingga mereka meninggal di tempat. Peristiwa hilangnya aktivis dan diskriminasi yang dilakukan terhadap etnis keturunan Tionghoa.
Massa melanjutkan aksinya dengan berdemo ke gedung MPR. Hingga pada akhirnya mendapat jawaban dengan pidato presiden Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden dan digantikan oleh wakilnya, B.J Habiebie. Di pemerintahan Habiebie-lah gerbang reformasi terbuka. Album kelam Orde Baru hanya menjadi kenangan yang disemogakan tidak terulang kembali.Tetapi kerusuhan demo 22 Mei 2019 yang terjadi beberapa waktu lalu, kembali mengingatkan pada peristiwa 21 Mei 1998. Demo 21 Mei diduga disebabkan karena tidak terima dengan keputusan Pemilu yang dianggap sebagai kecurangan.

Berita Terkait

Ada Tekanan AS Atas Indonesia Karena Beli Jet Tempur Su-35 Rusia

Mimin Setiawan

Derasnya Aliran Modal Asing Dongkrak Kenaikan Rupiah

Roberto Marbun

Top Tips of Nordvpn Provider Review

Sakinatul Muhimmah

Leave a Comment

profile pic url
197,6k Followers
Follow